Menpora Ajak Menteri Belia dan Sukan Malaysia Tingkatkan Kerjasama di Bidang Pemuda dan Olahraga

By Admin

nusakini.com--Menpora Imam Nahrawi menerima Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/8) malam. Kedua menteri bersepakat untuk terus membangun komunikasi, kebersamaan, dan persahabatan antar kedua bangsa melalui kerjasama kepemudaan dan keolahragaan. 

Sebagai sesama negara serumpun, persahabatan dan saling menghormati antara Indonesia dengan Malaysia sudah terjalin sejak waktu yang lama. Di bidang kepemudaan pernah dilakukan pertukaran pemuda, meski beberapa tahun terakhir ada jeda karena berbagi dengan negara lain sesama ASEAN, hal itu dipandang perlu sangat layak untuk dibuka kembali. 

"Pertukaran pemuda Indonesia - Malaysia yang dulu berjalan baik kita adakan kembali, dan untuk menginap kita rubah tidak di hotel tetapi di rumah-rumah penduduk agar lebih dekat lagi mengenal budaya dan kearifan kedua bangsa," pinta Menpora yang langsung disambut baik oleh Mensukan Saddiq. 

Di bidang keolahragaan, Menpora mengusulkan untuk membuat turnamen olahraga di perbatasan-perbatasan kedua negara. Jika sekarang sudah ada turnamen bola voli seperti di Kepri yang selalu diikuti Malaysia, bisa dikembangkan lagi di wilayah Malaysia bagian timur yang berada di satu Pulau Kalimantan dengan negara kita. 

"Kita buat turnamen olahraga bersama seperti sepakbola, bola voli, atau lainnya di Kuching yang berbatasan dengan Kaltara. Olahraga akan menjadi pemersatu, apalagi untuk saling menghormati di daerah perbatasan. Kita jalin terus komunikasi, jika ada persoalan dapat segera diatasi dengan baik," tambah Menpora Imam Nahrawi yang mengidolakan juga PM Mahathir Mohammad. 

Keakraban dan saling menghargai antar kedua menteri yang bertanggung jawab urusan pemuda dan olahraga ini ditunjukkan dengan saling apresiasi dan mengidolakan pimpinan negara masing-masing. 

"Pak Menteri, selamat atas keberhasilan Indonesia mendapat 30 emas di Asian Games. Saya sudah 3 kali datang, saya berhutanng budi kepada para volunteer yang menyambut dari datang, di hotel, di venue, hingga mengantar hingga bandara, sangat baik. Transportasi dan makanan untuk atlet tidak ada masalah, semua baik. Salam Pak Menteri untuk idola PM Mahathir akan saya sampaikan, dan salam hormat saya untuk Presiden Jokowi, beliau idola saya," kata Menteri Belia dan Sukan Saddiq. 

Pertemuan keduanya diakhiri dengan main catur dan makan malam bersama. Hadir mendampingi, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal. Adapun rombongan dari Malaysia, Protokol Siti Nurul Hidayah, Ahmad Redzuan Mohamed Shafi, dan Dato' Ahmad Shapawi. (p/ab)